SBY Beri Sinyal Positif Ajakan PDIP Bertemu AHY

 

ABNEWS – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sekaligus Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merespons positif rencana pertemuan partai dengan ciri khas berlambang mercy bersama PDIP.

Hal itu disampaikan SBY usai berolahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (11/6/2023) pagi.

“Yang saya tahu karena saya tidak menangani langsung sekarang ini, yang saya tahu AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) selaku pemimpin Partai Demokrat merespons ajakan dari Mbak Puan dari PDIP untuk melakukan pertemuan dan berbincang-berbincang,” ujar SBY kepada wartawan.

Menurut SBY, Partai Demokrat selalu berpendapat pertemuan yang berangkat dari niat baik, tujuan baik, membahas masalah-masalah bangsa tentu ada gunanya. 

“Jadi itu yang dapat saya sampaikan sekarang,” ujar SBY.

SBY meminta agar melihat perkembangan dari pertemuan niat baik dari mana dan dengan siapa, hendaknya dilihat bahwa akan selalu membawa kebaikan.

“Ikuti saja perkembangannya nanti, yang jelas pertemuan niat baik dari mana pun, siapa dengan siapa selalu membawa kebaikan,” tuturnya.

Senada sebelumnya, Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyebut pihaknya sangat terbuka dengan rencana kunjungan Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Partai Demokrat selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan seluruh partai politik, termasuk PDIP,” katanya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani menyebut bakal melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk melakukan dialog.

“Nanti Mbak Puan akan bertemu dengan Mas AHY untuk melakukan dialog, tetapi kami menghormati etika politik. Jadi partai-partai yang sudah bergandengan tangan, yang sudah membentuk kerja sama, kami hormati, meskipun demikian dialog kan sesuatu hal yang penting,” kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (10/6).

Puan Maharani beberapa waktu lalu menyebut bahwa pihaknya sudah mengantongi sepuluh nama yang masuk radar cawapres Ganjar Pranowo. 

Sejumlah nama yang disebut di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Nama kan banyak ada sepuluh. Kalau boleh saya sebutkan yang ada di media, ada Pak Mahfud yang sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo lagi mas, Pak Airlangga, nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” kata Puan Maharani, di sela-sela Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 6 Juni 2023 lalu.

Dia mengungkapkan, nama-nama tersebut semuanya mempunyai kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan oleh PDIP.

Puan pun menegaskan, dari nama yang ada akan dikerucutkan untuk bisa dipilih sebagai cawapres Ganjar, kendati belum ditetapkan saat ini.

“Nama tetap akan kami kerucutkan tapi bukan hari ini. Hari ini masih menimbang-nimbang dulu dari nama-nama yang ada,” jelas Puan. (*)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses