TNI-Polri Kerahkan Pasukan Elite Amankan ASEAN Summit 2023

Posted by:

 

ABNEWS – Pasukan elit TNI dan Polri dikerahkan dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

KTT ASEAN yang dihadiri oleh negara se-Asia Tenggara digelar pada 9-11 Mei 2023. Tugas dan tanggung jawab utama pasukan elite tersebut menjamin keselamatan delegasi VVIP selama di Labuan Bajo. 

Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk mengamankan dan mensterilkan venue-venue penyelenggaraan KTT ASEAN dari ancaman sabotase, ancaman teroris, kemungkinan demonstrasi bahkan bencana alam.

Diketahui, TNI-Polri mengerahkan 12 ribu personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mulai tanggal 7 Mei sampai 13 Mei 2023.

“Ada 12 ribu personel baik dari TNI dan Polri,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT ke-42 ASEAN di Lapangan SMAK Loyola Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu.

TNI dan Polri telah melakukan apel gelar pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit.

Dalam apel gelar pasukan itu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan pemeriksaan personel dan alutsista yang akan digunakan dalam pengamanan KTT ke-42 ASEAN nanti.

Dua petinggi TNI dan Polri itu melakukan pengecekan kurang lebih 30 menit dan berbincang dengan para personel di satuan tugas masing-masing.

Panglima TNI Yudo mengatakan para personel telah dibagi ke dalam tugas dan tempat tugas masing-masing.

Pihak TNI dan Polri pun berkolaborasi dengan BNPT, BSSN, BIN, dan pemangku kepentingan di daerah untuk menjalankan tugas pengamanan tersebut.

“Dengan kesiapan semua ini, kita antisipasi semua kemungkinan ancaman dari luar dan dalam,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi ancaman dari luar, TNI telah mengerahkan sejumlah kapal perang dan pesawat tempur untuk siap siaga pengamanan.

Sedangkan ancaman dari dalam diantisipasi dengan kolaborasi bersama Polri dan pemangku kepentingan lain.

Adapun jumlah personel yang dikerahkan TNI sebanyak 10 ribu orang, sedangkan Polri sebanyak 2.000 personel. (*)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses