Mustasyar NU Lampung Minta Menteri Agama Benahi Nepotisme Petugas Haji

 

ABNEWS – Mustasyar NU Provinsi Lampung M. Alzier Dianis Thabranie buka suara terkait ramainya perbincangan di media sosial terkait adanya petugas haji dari luar Lampung yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), yang disebut-sebut masih adik ipar Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik.

Menurut Alzier, persoalan ini sungguh mempermalukan dan merendahkan martabat serta kemampuan tokoh-tokoh agama di lampung dalam hal ibadah. 

“Ini parameternya apa sampai ngambil-ngambil petugas haji dari luar daerah? Saya nggak menyalahkan kalau tokoh-tokoh agama di lampung ini tersinggung atas hal ini. Ini sangat keterlaluan. Saya akan segera laporkan hal ini sekaligus meminta kepada menteri agama kita untuk menghargai tokoh-tokoh agama di sini. Jangan beginilah, terkesan sangat merendahkan tokoh-tokoh agama yang ada di sini (Lampung),” tukas Alzier, salah seorang putra almarhum H. Thabranie Daud, mantan Ketua NU Lampung, ketika dikonfirmasi, Jumat petang (19/5/2023).

Menurut Alzier, yang juga dikenal sangat dekat dengan almarhum Gus Dur (Presiden ke 4 RI), dirinya mendesak agar petugas-petugas haji yang berbau nepotisme dan hanya berdasarkan koneksi karena dekat dengan pejabat Lampung untuk segera dicoret dan dibatalkan oleh Gubernur Arinal.

“Haji ini kan persoalan ibadah. Persoalan ibadah kok main-main kongkalikong begini. Kalau soal ibadah saja begitu, apalagi soal anggaran dan lain-lain,” tutur putra mantan Walikota Bandarlampung periode 1969-1976 ini.

Diketahui, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi telah menetapkan dan memutuskan 44 orang yang ditunjuk untuk menjadi petugas haji Provinsi Lampung dan kabupaten/kota tahun 2023.

Keputusan itu berdasarkan Surat Keputusan No G/,274/B.02/HK/2023 Tentang Penunjukan Petugas Haji Provinsi Lampung dan Kabupaten Kota Tahun 2023. Surat itu diteken Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tertanggal 2 Mei 2023.

Dalam SK itu terdapat 44 petugas. Mereka terdiri dari 9 petugas Bimbingan Ibadah, 24 petugas Layanan Umum, dan 12 petugas Layanan Kesehatan.

Menariknya, dalam daftar itu turut ada nama adik ipar Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau yang akrab dipanggil Nunik. Nama yang dimaksud adalah Didiet Mardhiansyah Fitrah, yang tercatat sebagai petugas layanan umum.

Nama Didiet juga masuk dalam daftar calon anggota legislatif Provinsi Lampung tahun 2024 dari PKB.

Sementara di kepengurusan partai, Didiet terdaftar sebagai Wakil Sekretaris Dewan Tanfidz PKB Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari NIK KTP yang disadur melalui situs  online terungkap bahwa adik ipar Wagub Lampung terdaftar di TPS 136 Lenteng Agung, Jagakarsa, DKI Jakarta tempat ia melakukan pencoblosan. Sementara ia pun menjadi caleg dari Lampung Timur, padahal ipar Wagub ini adalah pengurus Partai PKB di NTB. Selanjutnya difasilitasi menjadi petugas haji Provinsi Lampung. (*)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses