KPK Surati KPU, LHKPN Jadi Syarat Pelantikan Caleg Terpilih

 

ABNEWS – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menandatangai surat pada 16 Mei 2023. Surat itu bernomor B/2610/LHK.00.00/01-12/05/2023 yang ditujukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Melalui surat tersebut Firli meminta KPU untuk menerapkan syarat pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi calon legislatif (Caleg) terpilih.

“Kami meminta KPU agar mewajibkan Calon Anggota Legislatif terpilih untuk melaporkan hartanya kepada KPK dan menjadikan Tanda Terima LHKPN sebagai salah satu syarat pelantikan,” demikian bunyi surat yang ditandatangani Firli, Rabu (24/5/2023).

Menurutnya, pelaporan ini dalam rangka mempertahankan upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Pelaporan itu juga telah diatur dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Firli mengimbau, proses pendaftaran dan pengisian LHKPN secara online melalui elhkpn.kpk.go.id. 

Proses pengisian itu pun dapat dilakukan setelah Daftar Calon Tetap (DCT) diterbitkan oleh KPU.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan 95 persen laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diserahkan para pejabat tidak akurat. Firli juga menyebut masih banyak pejabat negara yang menyembunyikan harta kekayaannya.

“Ketidakpatuhan baru satu masalah. KPK juga sudah mengungkapkan 95% data LHKPN tidak akurat. Banyak penyelenggara negara tidak jujur melaporkan harta kekayaan mereka. Mulai tanah, bangunan, rekening bank, sampai investasi lain, ada saja yang mereka sembunyikan,” ungkap Firli.

Bahkan Firli menyebut ketidakpatuhan yang dilakukan para pejabat negara bagaikan mental korupsi. Dia menegaskan bahwa kebiasaan itu harus dihapuskan.

“Pemecahan persoalan tersebut memerlukan komitmen politik yang kuat di tingkat legislasi! Ketidakpatuhan melaporkan harta kekayaan bagi pejabat publik merupakan salah satu mental korup yang harus dikikis!” tandasnya. (*)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses