Rakerpim Muhammadiyah Lampung: Wujudkan Persyarikatan Unggul dan Berkemajuan

 

ABNEWS – Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Lampung Periode 2022-2027 menyelenggarakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) di kampus Universitas Muhammadiyah Pringsewu (Umpri) pada 24-25 Juni 2023. 

Kegiatan dilaksanakan secara hibrid yaitu luring dan daring, serta dihadiri oleh Pimpinan Majelis dan Lembaga PW Muhammadiyah se-Lampung, mulai dari Ketua dan Sekretaris Organisasi Otonom Muhammadiyah di masing-masing tingkat Wilayah.

Agenda utama rakerpim tersebut diantaranya menyusun program strategis Muhammadiyah Lampung untuk lima tahun ke depan dengan mengusung tema “Menegaskan Program Kerja, Wujudkan Persyarikatan Unggul dan Berkemajuan”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Prof. Sudarman Ketua PW Muhammadiyah Lampung, Prof. Enizar Ketua PW Aisyiyah Lampung, Pleno PW Muhammadiyah dan Aisyiyah Lampung, beserta para Pimpinan Majelis dan Lembaga PW Muhammadiyah Lampung serta Rektor Umpri Drs Wanawir AM.

Rektor Universitas Pringsewu (Umpri), Wanawir AM, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dijadikan tuan rumah pada kegiatan PW Muhammadiyah Lampung. Juga menyampaikan bahwa semoga rapat kerja yang digelar di “Kampus Biru” menghasilkan program kerja untuk lima tahun kedepan.

“Sebagai amal usaha Muhammadiyah harus selalu siap siaga atas perintah dari Persyarikatan Muhammadiyah untuk menyukseskan dan menyiapkan agenda rapat kerja,” kata Wanawir AM.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Prof Sudarman menjelaskan bahwa Rapat Kerja Pimpinan ini akan merumuskan program kerja pimpinan. Kemudian menghantarkan program kerja Unsur Pembantu Pimpinan/Majelis dan Lembaga.

“Acuan program kerja pimpinam adalah Tanfidz Muktamar ke-48 dan Musywil ke-26, sedang acuan program kerja Majelis dan Lembaga adalah Tanfidz Musywil ke-26,” jelasnya.

Kemudian ia juga memaparkan bahwa program kerja berubah dari periode lalu. Jika periode lalu menyusun program dan laporan disampaikan diakhir periode, maka periode ini akan dilaporkan setiap akhir tahun.

“Program kerja harus memiliki 5 ciri, yaitu Sistem Jaringan, Sumber Daya Manusia, Organisasi, Kepemimpinan dan Aksi Layanan,” jelas guru besar UIN Raden Intan Lampung itu.

Untuk program kerja pimpinan, lanjut Prof Sudarman, meliputi program umum, sementara program perbidang dibahas oleh majelis dan lembaga.

“Pohon kaktus di pinggir kolam, dipagari bata biar rapih, kalau bulan agustus majelis dan lembaga belum punya program, nggak bahaya tah?” pantun Prof Sudarman dalam memungkasi sambutannya. (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses